Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas Literacy Keuangan untuk UMKM dan Ibu Rumah Tangga
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Oleh : Lenggogeni, Bahtiar Usman
Info Katalog
Skema |
: |
Program Kemitraan Masyarakat |
Bentuk |
: |
Pendidikan dan Latihan |
Permasalahan |
: |
Hasil Survei menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat akan karakteristik
produk dan layanan jasa keuangan. Dari segi pengetahuan tentang fitur, manfaat serta
denda, survei menunjukkan hasil cukup baik yakni mencapai 84,16%; 86,57%; serta
66,04%. Namun dari segi risiko, cara memperoleh, hak, kewajiban dan biaya,
pengetahuan masyarakat masih tergolong rendah yakni dibawah 50%.
Survei NasioNal Literasi Keuangan itu menunjukkan ada 36,02% masyarakat yang
menyatakan bisa menghitung bunga, angsuran, hasil investasi, biaya penggunaan
produk, denda, dan inflasi. Masyrakat awam belum siap dengan kondisi ini karena pengetahuan
mereka tentang produk-produk keuangan masih minim. Oleh karena itu, strategi
peningkatan keuangan inklusif dimulai dari upaya mengembangkan pengetahuan dan
kesadaran masyarakat mengenai produk dan jasa keuangan terlebih dahulu. Hal yang
perlu dipahami masyarakat adalah informasi dasar tentang produk dan jasa- keuangan
yang ada dalam pasar keuangan formal, aspek perlindungan konsumen, serta
manajemen risiko.
. |
MK terkait |
: |
[MCI 701] Akuntansi Manajemen Lanjutan |
Penelitian terkait |
: |
Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas Literasi Keuangan untuk UKM dan Ibu Rumah Tangga |
File Repositori
No |
Nama File |
Ukuran(KB) |
Status |
1 |
8837620016_Halaman-Judul.pdf |
32.802 |
|
2 |
8837620016_Halaman-Pengesahan.pdf |
109.486 |
|
3 |
8837620016_Identitas-dan-Uraian-Umum.pdf |
34.128 |
|
4 |
8837620016_Daftar-Isi.pdf |
42 |
|
5 |
8837620016_Abtsract.pdf |
39.781 |
|
6 |
8837620016_BAB-5-Kesimpulan-dan-Saran.pdf |
37.993 |
|