DETAIL KOLEKSI

Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas Literacy Keuangan untuk UMKM dan Ibu Rumah Tangga

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Oleh : Lenggogeni, Bahtiar Usman

gambar
Info Katalog
Skema  :  Program Kemitraan Masyarakat
Bentuk  :  Pendidikan dan Latihan
Permasalahan  :  Hasil Survei menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat akan karakteristik produk dan layanan jasa keuangan. Dari segi pengetahuan tentang fitur, manfaat serta denda, survei menunjukkan hasil cukup baik yakni mencapai 84,16%; 86,57%; serta 66,04%. Namun dari segi risiko, cara memperoleh, hak, kewajiban dan biaya, pengetahuan masyarakat masih tergolong rendah yakni dibawah 50%. Survei NasioNal Literasi Keuangan itu menunjukkan ada 36,02% masyarakat yang menyatakan bisa menghitung bunga, angsuran, hasil investasi, biaya penggunaan produk, denda, dan inflasi. Masyrakat awam belum siap dengan kondisi ini karena pengetahuan mereka tentang produk-produk keuangan masih minim. Oleh karena itu, strategi peningkatan keuangan inklusif dimulai dari upaya mengembangkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai produk dan jasa keuangan terlebih dahulu. Hal yang perlu dipahami masyarakat adalah informasi dasar tentang produk dan jasa- keuangan yang ada dalam pasar keuangan formal, aspek perlindungan konsumen, serta manajemen risiko. .
MK terkait  :  [MCI 701] Akuntansi Manajemen Lanjutan
Penelitian terkait  :  Peningkatan Kompetensi dan Kapabilitas Literasi Keuangan untuk UKM dan Ibu Rumah Tangga

File Repositori
No Nama File Ukuran(KB) Status
1 8837620016_Halaman-Judul.pdf 32.802
2 8837620016_Halaman-Pengesahan.pdf 109.486
3 8837620016_Identitas-dan-Uraian-Umum.pdf 34.128
4 8837620016_Daftar-Isi.pdf 42
5 8837620016_Abtsract.pdf 39.781
6 8837620016_BAB-5-Kesimpulan-dan-Saran.pdf 37.993
© 2022 LPPM - Universitas Trisakti